26 Tempat Wisata Jogja Instagramable dan Terbaru 2020

4-wisata-dieng-yang-instagramable
4 Destinasi Wisata Dieng Terbaru dan Paling Instagramable
October 23, 2019

26 Tempat Wisata Jogja Instagramable dan Terbaru 2020

26 Tempat Wisata Jogja Instagramable dan Terbaru 2020

Ada banyak Tempat Wisata Jogja terbaru dan instagramable yang bisa Anda kunjungi. Sangat disayangkan jika berkunjung ke Kota Pelajar tanpa singgah sejenak menikmati indahnya berbagai wisata yang disuguhkan. Berbagai wisata yang disuguhkan oleh kota istimewa tidak hanya wisata siang hari saja, tetapi keindahan malam di kota ini juga tidak kalah indahnya. Berikut ini beberapa tempat wisata Jogja yang instagramable yang siap menemani liburan Anda.

1. Heha Skyview Wisata Jogja Instagramable

Salah satu Tempat Wisata Jogja romantis dan instagramable yaitu Heha Skyview yang berada di Jln. Dlingo-Pathuk, desa Patuk, Gunungkidul. Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000 dari jam 10.00 hingga 16.30. Sedangkan pada jam 16.30 keatas akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Heha Sky View (@hehaskyview) on

Heha Skyview menyuguhkan keindahan Kota Yogyakarta dari ketinggian dan gagahnya Gunung Merapi yang berdiri tegak. Tempat wisata yang dibangun pada tahun 2018 ini memadukan konsep tempat makan dengan spot foto beralas pemandangan alam. Eloknya matahari saat terbenam, menjadikan tempat wisata selalu ramai dikunjungi ketika sore hari.

2. Lintang Sewu

Lintang Sewu berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul. Biaya untuk memasuki destinasi wisata ini sangat terjangkau yaitu Rp. 2.500 saja. Jika Anda ingin berkemah menikmati malam di sana maka akan dikenakan biaya Rp. 15.000. Jam buka Lintang Sewu yaitu dari jam 04.30 hingga jam 22.00 WIB.

bukit lintang sewu jogja
Bukit lintang sewu, foto : instagram @nindyellese

Lintang Sewu menyuguhkan keindahan hamparan seribu bintang yang membuat para wisatawan terkagum menyaksikannya. Wisata malam jogja ini tidak hanya pemandangan yang indah saja, tetapi juga menawarkan berbagai ornamen yang instagramable. Ada banyak spot foto menarik yang siap menjadi tempat berswafoto.

3. Watu Goyang

Watu Goyang terletak tidak jauh dari Pinusan Mangunan tepatnya di Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Destinasi wisata yang baru diresmikan pada 31 Desember 2016 ini menyuguhkan pesona keindahan alam yang tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya.

watu goyang
Watu Goyang, Foto: instagram @rizkakhadafi & @debrianacynthiaputrii

Sesuai dengan namanya, di tempat wisata ini terdapat batu besar yang akan bergoyang ketika mendorongnya dengan tangan. Tetapi Anda tidak boleh menaikinya, karena posisi batu yang berada di atas bukit dan berbahaya. Selain itu, Watu Goyang juga menyedikan gardu pandangan dengan berbagai bentuk yang siap menjadi spot foto cantik Anda.

4. Gua Jepang, Pundong Bantul

Gua Jepang terletak di desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul. Gua Jepang menyuguhkan pesona keindahan gua dan alam yang cantik dan eksotis. Tidak heran jika hari biasa maupun hari libur tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di ketinggian 200 mdpl ini Anda akan dimanjakan dengan pepohonan rindang dengan semilir angin sambil menatap keelokan alam Seloharjo dan deburan ombak dari kejauhan.

gua jepang pundong bantul.jpg
Gua Jepang Pundong Bantul, Foto : @ekanurita

5. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Anda harus berjalan kaki sekitar 200 meter terlebih dulu sebelum Anda sampai di lokasi. Destinasi wisata menerapkan konsep back to nature yang sangat cocok untuk didatangi para pecinta keasrian alam yang sejuk dan menenangkan.

air terjun kembang soka
Air terjun kembang soka, foto : Dee Alia

Mata air dari Air Terjun Kembang Soka berasal dari Perbukitan Menoreh. Kesejukan dan kesegaran udara serta air pegunungan sangat mendamaikan bukan? Segala beban dan lelah karena rutinitas keseharian pasti akan hilang dan merasa lebih tenang dan segar.

6. Kedung Pedut

Kedung pedut
Kedung Pedut, Yogyakarta

Kedung Pedut terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Kulon Progo. Harga tiket masuk sangat terjangkau yaitu Rp. 3.000 perorang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Air terjun dari kedung pedut berasal dari lima mata ais sekaligus yaitu Kedung Anyes, Kedung Wedok, Kedung Lanang, Kedung Merang dan Kedung Merak.

Kedung Pedut menyuguhkan air terjun dua warna yang ciamik dan eksotis. Perpaduan warna biru tokas dan putih jernih yang alami berhasil menarik perhatian wisatawan. Warna biru toska dari air terjun berasal dari pantulan sinar matahari yang mengenai pecahan batuan dari Pegunungan Menoreh.

7. Rumah Indian Dlingo

Rumah Indian Dlingo atau Rumah Piramid ini merupakan salah satu spot foto yang ada di Hutan Pinus Pengger Dlingo. Spot foto ini merupakan rumah dengan lubang ditengah dimana para wisatawan dapat memasukinya. Nah, dari sini Anda dapat menyaksikan keindahan Jogja dari ketinggian. Suasana akan semakin indah ketika malam karena kerlap-kerlip lampu layaknya bintang-bintang yang bertebaran.

RUmah indian ndlingo bantul
Rumah Indian Ndlingo Bantul, Foto Kredit : @miaisminuraa

8. Spot Tangan Raksasa – Hutan Pinus Pengger Dlingo

Hutan Pinus Pengger terletak di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Bantul. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.500 untuk memasuki destinasi wisata. Hutan pinus yang ada di Bantul buka mulai dari jam 08.00 hingga 24.00 WIB. Meskipun wisata pinus ini masih baru, tetapi selalu ramai dikunjungi dan menjadi wisata hits 2019.

Pinus Pengger Ndlingo
Tangan Raksasa, Pinus Ndlingo, Foto Kredit : @gizsyaresha

Spot foto paling terkenal di Hutan Pinus Pengger yaitu Spot Tangan Raksasa yang diburu oleh wisatawan. Ada juga beberapa spot foto lan yang tidak kalah indahnya, seperti jembatan, akar-akar, rumah dan sebagainya. Hutan Pengger semakin indah ketika malam hari dengan background kerlap kerlip lampu yang menghiasinya.

9. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin terletak di Candirejo, Kec. Semin, Gunung Kidul. Wisatawan tidak dikenakan biaya untuk memasuki destinasi wisata. Hanya saja wisatawan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Telaga Biru Semin menyuguhkan pemandangan alam berupa telaga yang indah dan hijaunya akan di sekeliling bukit.

Telaga Biru Semin, Foto : arif_josselalu

Telaga dapat Anda nikmati dari ketinggian bukit Ngentak Telaga Biru. Bukit Ngentak sebanrnya merupakan kawasan tambang batu yang mempunyai beberapa kolam bekas galian tambang. Ketika musim penghujan tiba, kolam bekas galian akan terisi air yang berwarna kebiru-biruan agak tosca sehingga menyerupai telaga.

10. Air Terjun Sampang Gunung Kidul

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Sampang terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul. Sebenarnya nama asli dari air terjun sendiri adalah Luweng Sampang yang artinya Lubang di Desa Sampang.

Air Terjun Sampang Gunung Kidul
Air Terjun Sampang Gunung Kidul, Foto : Ani Sri Rahayu

Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang menjulang tinggi, Air Terjun Luweng Sampang justru terkesan pendek. Area dari air terjun sendiri pun tidak terlalu luas. Hal menarik lainnya yaitu dinding-dinding kapur yang mengelilingi air terjun sangat indah dengan ornamen asli dari alam.

11. Grojokan Pucung, Bantul

Grojokan Pucung terletak di Dusun Pucung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul. Harga tiket masuk destinasi wisata masih gratis, hanya wisatawan akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Grojokan Pucung merupakan wisata baru yang ada di Bantul, tidak heran jika fasilitasnya pun belum memadai. Rute menuju wisata hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua saja.

Grojokan Pucung Bantul
Grojokan Pucung Bantul, Foto : gunawanjir

Keunikan dari Grojogan Pucung yaitu memiliki air terjun atau grojogan bertingkat-tingkat dengan letaknya yang berdekatan. Setiap air terjun memiliki kedung atau kolam yang lebar dan kedalamannya berbeda-beda. Nah, Anda dapat memilih sesuai tinggi badan untuk bermain dan berenang di kedung tersebut.

12. Wisata Jogja Baru – Pantai Nglambor

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Desa Tepus, Gunung Kidul. Namun untuk sampai di lokasi wisata, Anda harus berjalan kaki melewati perbukitan batu karang terlebih dahulu. Karena jalanan masih terjal dan tidak dapat dilalui kendaraan pribadi.

pantai nglambor
Pantai Nglambor, foto : @merlylya

Pantai in menyuguhkan destinasi snorkeling di kawasan pesisir selatan Yogyakarta. Panorama laut yang indah dan menakjubkan dengan terumbu karang dan biota laut yang beragam berhasil menarik perhatian banyak orang. Pantai Nglambor selalu ramai dikunjungi wisatawan baik ketika hari libur maupun hari biasa.

13. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal terletak di Kecamatan Tepus, Wonosari, Gunung Kidul. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 saja untuk memasuki destinasi wisata ini. Wisatawan juga perlu mengeluarkan biaya untuk parkir dan biaya tambahan jika ingin menyewa beberapa fasilitas seperti payung, tenda dome, gazebo dan lain-lain.

Pantai Pok tunggal
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul, Foto @nangiros

Pantai Pok Tunggal menyuguhkan keindahan pantai yang dipadukan dengan air yang jernih, birunya langit dan pepohonan hijau. Pantai semakin indah dengan pasir putih dan karang yang menjulang tinggi. Tidak hanya itu, Pok Tunggal juga menjadi pantai yang cantik untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

14. Goa Kalisuci

Goa Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Harga tiket masuk ke Goa Kalisuci hanya Rp. 5.000 per orang. Bagi Anda yang ingin menikmati paket cave tubing, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 70.000 untuk 5 orang.

Goa kalisuci
Goa Kalisuci, foto : @wohleh

Goa Kalisuci tidak kalah indahnya dengan Goa Pindul dimana sungai yang mengalir di dalam goa sekitar 600 meter. Wisatawan disuguhkan dengan keindahan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi goa. Selain dapat melakukan cave tubing, Anda juga dapat berburu foto dengan berbagai objek foto menarik.

15. Wisata Kalibiru Kulon Progo

Wisata Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Wisata Kalibiru menyuguhkan berbagai spot foto menarik dan cantik dengan background pemandangan alam yang luar biasa. Disana juga terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi dengan papan kayu yang sudah terpasang. Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan Menoreh dan Waduk Sermo dari ketinggian.

Kalibiru kulon progo
Kalibiru Kulonprogo – Foto : sendywulandh

Selain itu, wisatawan juga dapat bermain flying fox dan high rope dengan panduan pengelola. Bagi Anda yang suka trekking, wisata Kalibiru juga menyediakan beberapa pilihan jalur trekking dengan rute dan panjang yang dapat disesuaikan.

16. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan terletak di Dukuh Kanogoro, Kecamatan Mangunan, Bantul. Hingga saat ini wisatawan belum dikenakan biaya masuk, hanya biaya untuk ongkos parkir kendaraan saja. Destinasi wisata Jurang Tembelan menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa dari ketinggian.

Jurang Tembelan yang dibuka pada Agustus 2016 ini menyediakan beberapa spot foto menarik dan gardu pandang yang instagramable. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata yaitu ketika pagi hari. Anda dapat menikmati keindahan matahari terbit dan berswafoto dengan kabut yang masih menyelimuti.

17. Pantai Jogan Jogja

Pantai Jogan terletak tidak jauh dari Pantai Siung. Tepatnya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Karena jalanannya cukup curam, Anda harus berhari-hari terutama ketika melewati tebing-tebing di Pantai Jogan. Harga tiket masuk pantai sebesar Rp. 3.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor serta Rp. 5.000 untuk mobil.

Pantai Jogan menjadi satu-satunya pantai yang memiliki air terjun didalamnya dengan ketinggian sekitar 10 hingga 12 meter. Keindahan pantai tentu semakin lengkap dengan grojogan ini bukan? Anda dapat menikmati ombak, pasir putih, karang dan air terjun secara bersamaan di destinasi wisata ini. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti ricer hiking, canyoning dan cliff jumping.

18. Bukit Bintang Patuk

Bukit Bintang terletak di kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Bukit Bintang menjadi salah satu tempat favorit anak muda yang suka nongkrong. Tidak hanya pemandangan yang indah saja, tetapi Bukit Bintang juga menyediakan berbagai kuliner lezat yang bisa Anda cicipi.

Wisata malam ini menyuguhkan panorama indah kerlap-kerlip cahaya lampu rumah penduduk layaknya taburan bintang di langit. Bukit Bintang ini sering dikunjungi oleh muda mudi karena memang suasananya begitu romantis. Selain itu, Anda juga dapat melihat landscape gunung merapi dan bibir pantai dari ketinggian.

19. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Destinasi wisata ini buka mulai dari jam 09.00 hingga 17.00 WIB. Wisatawan tidak dikenakan biaya masuk tetapi hanya biaya parkir saja. Bukit yang merupakan wisata baru ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit.

Bukit Panguk Menyuguhkan dataran alam hijau yang menyejukkan mata. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dan mencari ketenangan. Bukit Panguk juga menyediakan beberapa gardu Pandang yang menarik sehingga sangat cocok sebagai background foto Anda.

20. Lost World Castle

Lost World Castle terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Wisata yang baru dibuka pada awal 2017 ini menjadi salah satu wisata di Yogyakarta yang hits dan populer. Meskipun wisata masih dalam proses pembangunan, tetapi Lost World Castle selalu ramai dikunjungi wisatawan baik ketika liburan maupun hari biasa.

lost world castke jogja
Lost World Castle Jogja, Foto : @every.journeys


Lost World Castle menyuguhkan keindahan bangunan mirip benteng takeshi dengan berbagai wahana-wahana menarik dan cantik untuk berfoto. Wahana yang ada disana merupakan bentuk dari pemanfaatan batu sisa erupsi merapi. Wahana yang dapat Anda nikmati disana seperti bangunan unik, spot foto yang instagramable, lukisan 3D dan berbagai wahana lainnya.

21. Spot Riyadi Wisata Jogja Malam Hari

Spot Riyadi merupakan salah satu wisata yang tergolong baru di Yogyakarta. Wisata ini terletak di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Biaya masuk destinasi wisata sebesar Rp. 0 alias gratis. Wisatawan hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan dengan fasilitas wisata yang cukup lengkap.

Spot Riyadi menyuguhkan pemandangan indah berupa landscape persawahan yang dipadukan dengan berbagai pemandangan alam lainnya. Tidak hanya pemandangan candi dan panorama Kota Yogyakarta saja yang indah untuk dinikmati. Tetapi Spot Riyadi menjadi tempat terbaik untuk menikmati indahnya matahari terbit dan matahari terbenam.

22. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur terletak di Dukuh Lemahbang, Desa Dlingo, Kecamatan Mangunan, Bantul. Wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 per orang untuk memasuki lokasi. Jika Anda ingin mencoba beberapa spot foto, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 3.000 untuk setiap spot foto.

Tebing Watu Mabur menyuguhkan keindahan panorama alam berlatar pegunungan seribu yang sangat luas. Dengan tambahan sedikit sentuhan, menjadikan destinasi wisata ini memiliki berbagai spot foto menarik yang siap menjadi background foto kekinian Anda. Sebaiknya Anda mendatangi Tebing Watu Mabur menjelang matahari terbit maupun matahari terbenam dimana keindahan alam semakin memukau.

23. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger terletak di Jln Dlingo-Patuk, Dusun Sendangsari, Desa Terong, Dlingo, Bantul. Meskipun Hutan Pinus Pengger masih tergolong baru tetapi hits, wisatawan hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 2.500 saja. Wisata ini menggunakan area hutan di bawah pengelolaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH).

Hutan pinus pengger
Hutan pinus pengger, Ndlingo Bantul

Hutan Pinus Pengger menyuguhkan keindahan pemandangan di pagi hingga kerlap-kerlip lampu di malam hari. Sehingga Anda akan betah seharian berada di lokasi wisata. Tidak hanya pemandangan yang elok saja, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas lain. Misalnya berburu foto dengan aneka spot foto yang menarik, bersantai di pohon dengan hammock, wisata kuliner, dan sebagainya.

24. Landasan Pacu Depok Bantul

Pantai Depok atau sering dikenal juga sebagai Landasan Pacu Depok ini terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. Tempat wisata ini buka 24 jam nonstop sehingga Anda dapat datang pada jam berapapun. Harga tiket masuk cukup terjangkau yaitu hanya Rp. 5.000 per orang. Wisatawan juga akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan yang dibawanya.

Landasan pacu depok
Landasan pacu depok, Foto : @irvanaryaa

Pantai Depok berada bersebelahan dengan Pantai Parangtritis, sehingga memiliki kontur yang hampir sama. Tidak hanya pemandangan pantai yang indah saja, tempat wisata ini juga menyediakan beberapa spot foto menarik yang siap menjadi latar belakang. Apalagi jika Anda mengunjunginya ketika sore hari, Anda akan disuguhkan dengan keindahan matahari terbenam dengan warna langit yang perlahan berubah menjadi jingga.

25. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal terletak di Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Wisata baru ini buka mulai dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB. Biaya atau tiket masuk menuju wisata sebesar Rp. 6.000 per orang. Bagi wisatawan yang mengendarai kendaraan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 3.000 untuk mobil.

Taman sungai mudal kulon progo
Taman Sungai Mudal, Kulon Progo, Foto : @adit_nugraha

Taman Sungai Mudal merupakan salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan air terjun dengan kolam air yang unik. Tidak haya pemandangan yang indah saja, tetapi Anda dapat bermain air sepuasnya di sana. Wisatawan bisa berswafoto dengan latar belakang paduan alam yang indah. Bagi Anda yang ingin menikmati malam di lokasi, Anda dapat berkemah atau camping di tempat yang sudah disediakan.

26. Goa Jomblang

Goa Jomblang terletak di Dusun Jetis Wetan, Desa Pacarejo, kecamatan Semanu, Gunungkidul. Destinasi wisata buka mulai dari jam 08.00 hingga 14.00 WIB. Wisatawan tidak dikenakan biaya untuk memasuki Goa Jomblang. Hanya saja wisatawan akan dikenakan biaya sekitar Rp. 450.000 hingga Rp. 1.000.000 untuk menggunakan jasa operator seperti pemandu dan peralatannya.

Berbeda dengan goa pada umumnya, Goa Jomblang memiliki mulut goa yang berada di permukaan tanah sehingga goa ini sering disebut goa vertikal. Goa memiliki kedalaman yang beragam sekitar 15 hingga 80 meter. Adrenalin Anda benar-benar diuji di Goa Jomblang ini. Bagi pemula, sebaiknya memilih jalur dengan kedalaman 15 meter saja dengan jalanan yang tidak terlalu terjal dan dalam.

Ada banyak Tempat Wisata Jogja baru dan instagramable yang dapat Anda kunjungi. Sehingga Anda tidak akan bosan untuk mengunjungi Kota Istimewa berkali-kali. Anda yang bosan dengan wisata buatan, tentu 26 wisata alam tersebut menjadi jawabannya. Liburan Anda akan semakin seru jika Anda datangi bersama rombongan.

Comments are closed.