4 Destinasi Wisata Dieng Terbaru dan Paling Instagramable

Tips Liburan ala Backpacker ke Malaysia
Tips Liburan Ke Kuala Lumpur ala Backpacker
August 27, 2019

4 Destinasi Wisata Dieng Terbaru dan Paling Instagramable

4-wisata-dieng-yang-instagramable

4-wisata-dieng-yang-instagramable

Wisata Dieng menjadi salah satu tujuan liburan dataran tinggi yang sudah dikenal oleh banyak turis asing. Tidak hanya keindahan alam dan wisata sejarahnya saja yang menjadi daya tarik para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara. Bahkan, ada pula wisata budayanya yang tak kalah menarik.

Salah satu wisata budaya yang cukup menarik wisatawan dari berbagai daerah bahkan hingga ke luar negeri adalah ritual rambut gembel. Tempat yang dijadikan untuk ritual tersebut biasanya berada di Komplek Candi Arjuna. Tak heran, jika tempat wisata yang satu ini sudah sangat terkenal.

Selain itu, masih ada lagi wisata Dieng lainnya yang cukup menarik perhatian banyak orang. Yakni Golden Sunrise Sikunir yang digadang-gadang sebagai sunrise terindah se-Asia Tenggara.

Penasaran dengan destinasi wisata yang satu ini dan beberapa destinasi terbaru Wisata Dieng lainnya? Yuk, simak penjelasan berikut :

1. Bukit Sikunir

Bagi Anda pemburu sunrise, pasti sudah tidak asing dengan bukit yang satu ini bukan? Bukit Sikunir sendiri berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Desa Sembungan sendiri merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Bukit Sikunir ini berada di ketinggian 2.263 mdpl.

Destinasi Wisata Dieng bukit sikunir

Destinasi Wisata Dieng Bukit Sikunir

Seperti yang sudah dibahas, bahwa sunrise yang dimiliki oleh Bukit Sikunir merupakan sunrise terindah se-Asia Tenggara. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati indahnya golden sunrise, tenang saja. Karena sudah tersedia beberapa penginapan sikunir yang bisa Anda sewa.

Selain bisa menikmati indahnya matahari terbit dari bukit tersebut, Anda juga bisa melihat indahnya pemandangan Desa Sembungan dan juga Telaga Cebong yang ada di kaki bukit. Tertarik untuk menikmati indahnya sunrise di desa tertinggi Pulau Jawa tersebut?

2. Kawah Sikidang

Selain Bukit Sikunir, Kawah Sikidang Dieng juga menjadi salah satu destinasi wisata yang beberapa waktu terakhir kian hits. Konon, mengapa tempat tersebut dinamakan sebagai Kawah Sikidang, karena beberapa kawah yang ada di tempat tersebut bisa berpindah-pindah layaknya hewan kidang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Danang P. Wibowo (MD) (@dpw.bowie) on

Di sini, Anda masih bisa menemukan banyak belerang. Jika Anda tidak ingin terganggu dengan bau belerang tersebut, maka sangat disarankan untuk menggunakan masker agar bau belerang tidak langsung menyengat ke hidung.

Selain itu, Anda juga harus mematuhi beberapa peraturan yang ada di tempat tersebut. Dimana, Anda dilarang untuk menyalakan api atau membuang puntung rokok karena bisa memicu ledakan. Ada yang unik dari tempat wisata Dieng satu ini, yakni Anda bisa menemukan para penjual telur mentah.

Anda bisa membeli telur mentah tersebut dan memasaknya di titik kawah kecil selama 5 menit. Tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa untuk berfoto bersama dengan burung hantu jinak yang ada di kawasan tersebut. Kawah Sikidang ini sendiri berada di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

3. Batu Pandang Ratapan Angin

Bisa dibilang bahwa tempat ini merupakan wisata Dieng terbaru yang wajib untuk Anda kunjungi. Batu Pandang Ratapan Dieng berada di ketinggian 2010 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, Anda bisa melihat indahnya Telaga Warna yang ada di bawahnya. Bahkan saking indahnya, tempat satu ini sangat hits di Instagram.

Batu Pandang Ratapan Angin dieng

Batu Pandang Ratapan Angin dieng,Wonosobo

Alasan mengapa tempat tersebut disebut dengan Batu Ratapan Angin ialah karena hembusan angin yang menembus dedaunan, sehingga menghasilkan suara gemerisik dan tampak seperti siulan. Hal inilah yang membuatnya terlihat unik dan sayang untuk Anda lewatkan.

Tentu, dengan pemandangannya tersebut menjadikan Batu Ratapan Angin sebagai tempat yang pas untuk menyegarkan kembali otak dari rutinitas sehari-hari. jangan lupa untuk berfoto ria karena tempat ini sangat instagramable.

4. D’Qiano Hot Spring Water Park

Di tengah dinginnya udara Dieng, ternyata masih bisa berendam air hangat di luar ruangan. D’Qiano Hot Spring Water Park Dieng merupakan salah satu destinasi wisata baru yang wajib untuk Anda coba.

Destinasi yang berada di sebelah barat Kawah Sileri tersebut ternyata memiliki beberapa kolam yang bisa Anda nikmati. Mulai dari kolam permainan anak, kolam renang air panas, kolam refleksi dan terapi, kolam semi Olympic, kolam arus dan juga kolam balita.

Tak hanya menyediakan beberapa kolam saja, namun wisata Dieng yang satu ini juga menyediakan fasilitas outbound yang cukup lengkap.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by amazora (@_ilalangsenja) on

Beberapa fasilitas outbound yang bisa Anda nikmati tersebut ialah spider web, jembatan tali, Flying Fox, mini trail, halang rintang, Gokart, mandi bola, kolam pancing, gantole, paintball, kereta mini serta mini castle.

Itu dia beberapa wisata Dieng yang wajib dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan. Jika Anda memutuskan untuk jadi backpacker ke Dieng, maka disana Anda bisa menemukan beberapa penginapan murah. Atau, Anda juga bisa tinggal di rumah warga.

Terdapat berbagai macam penginapan wisata Dieng yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk melihat keindahan alam Dieng? Segera rencanakan wisata Anda pada liburan akhir tahun ini untuk menikmati segarnya hawa dingin yang ada di negeri atas awan tersebut.

Comments are closed.