6 tanda anda butuh liburan
6 Tanda Anda Butuh Liburan
July 17, 2016

Tips Liburan ala Backpacker ke Malaysia

Tips Liburan ala Backpacker ke Malaysia

Kenapa Liburan ala Backpacker ke Malaysia ?

Bagi traveler Indonesia yang baru pertama kali ke luar negeri, selain Singapura, destinasi favorit berikutnya adalah Malaysia. Biasanya, faktor geografis menjadi alasan utama. Pertimbangan lainnya adalah, nilai tukar mata uang rupiah terhadap ringgit yang cenderung stabil di level 3 ribuan, dan itu artinya, secara itung-itungan wisata ke Malaysia, tidak begitu mahal.

Berikut ini kami bagikan tips dan panduan untuk kamu yang baru pertama kali akan berlibur ala backpacker/Flashpacker ke luar negeri terutama ke Kuala Lumpur, Berdasar pengalaman kami backpacker ke Kuala lumpur – Malaysia.

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Liburan Ala Backpacker Ke Kuala Lumpur Malaysia

Dalam hal apapun, yang namanya persiapan itu wajib, tentunya agar acara jalan-jalan kamu lancar. Selain kesiapan dana dan juga fisik, hal lain yang perlu kamu pikirkan adalah, tentukan model travelling seperti apa yang kamu inginkan; menggunakan jasa tour,menggunakan pemandu privat atau mandiri. Dua model ini tentu ada sisi enaknya, dan sisi tidak enaknya.

Kalau kamu model yang ogah ribet dan mau segala sesuatunya sudah disiapkan, menggunakan jasa tour yang menyediakan paket liburan ke malaysia atau menyewa seorang pemandu tentunya lebih nyaman. Tapi kalau yang kamu inginkan adalah perjalanan wisata yang lebih bebas dan lebih hemat, pilih saja model mandiri ala Flashpacker/backpacker.

Beberapa persiapan penting sebelum berangkat :

1. sebelum berangkat ada baiknya kamu mendownload peta wisata di kuala lumpur dan peta jalur transportasi bus dan MRT ,

walaupun biasanya nanti di bandara KLIA banyak tersedia peta wisata gratis, tapi sebaiknya kita juga mendownload di hp kita,soalnya peta wisatanya berukuran sangat besar terkadang kurang praktis jika kita membuka – buka ketika sedang berada di jalan.

Peta jalur kereta MRT Kuala Lumpur

Peta MRT Kuala Lumpur, pic : klia2.info

Untuk mendowload peta ini dengan ukuran yang lebih besar, kamu bisa mengunjungi situs ini kli2.info

peta wisata kuala lumpur

peta wisata kuala lumpur

2. download peta offline google map kuala lumpur.

Mendownload peta offline google map khususnya peta kota yang akan kita kunjungi untuk berwisata akan menghemat kuota internet di negara tujuan yang mana harga quota internetnya biasanya lebih mahal.

Cara untuk  mendowload google map offline adalah sebagai berikut :

  • masuk ke aplikasi google map di IOS/Android, klik logo berupa strip 3 di pojok kiri atas, untuk menampilkan menu google map,kemudian pilih menu offline maps, pilih select your own map, pilih area map yang mau di download, kemudian klik download.
cara mendownload peta offline google map

cara mendownload peta offline google map

3. menukar sebagian besar mata uang di Indonesia

Sebisa mungkin menghindari menukar rupiah di negara tempat kita berwisata,karena biasanya rate kursnya jauh lebih rendah daripada kita menukar di negara sendiri.

4. Siapkan atm yang berlogo visa atau mastercard, jika sewaktu-waktu kita perlu tarik tunai di atm negara tempat kita berlibur, biasanya dikenakan biaya sekitar 25000 sekali penarikan di atm negara tetangga.

5. Jangan malu untuk bertanya jika tersesat, bahasa kita dengan malaysia tidak jauh berbeda, kemungkinan miss komunikasi kecil ketika kita sedang mengobrol dengan warga lokal.

Meski statusnya sudah negara lain, toh tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena antara Indonesia dan Malaysia, banyak sekali kemiripan; termasuk dalam hal bahasa ataupun jenis makanan. Jadi meskipun kemampuan bahasa Inggris kamu tidak begitu bagus, bukan masalah besar. Hal yang justru penting untuk kamu lakukan adalah, susun itenerary secara baik dan pelajari sistem transportasi di sana.

Oh iya, berbeda dengan waktu liburan ke Singapura, untuk ke Malaysia kita tidak perlu mengisi form Imigrasi.

Proses di Bandara
Kuala Lumpur mempunyai 2 bandara yaitu KLIA 1 dan KLIA 2. Jika maskapai penerbangan yang kamu gunakan Air Asia, bisa dipastikan kamu akan mendarat di KLIA 2. Bandara ini cukup luas, untuk mempersingkat waktu di bandara kamu bisa memanfaatkan sejumlah travellator yang disediakan untuk menuju bagian imigrasi.

ruang arrival di klia2

arrival klia2, image courtesy klia2.info

Bandara KLIA 2 Kuala Lumpur

Bandara KLIA 2 Kuala Lumpur

Penting juga untuk kamu tahu, jika tidak ingin terputus dari jaringan internet tanpa harus kergantungan dengan ketersediaan wi-fi, gunakan kartu sementara. Jaringan operator di kuala lumpur, yang termurah sepengetahuan saya adalah kartu Maxis Hotlink (atau kamu bisa googling sebelum berangkat untuk melihat berbagai paket internet termurah di negara yang akan kamu kunjungi) .
Kartu ini, Bisa kamu dapatkan sembari jalan menuju bagian imigrasi, di beberapa konter yang ada di KLIA2. Rata –rata di konter sudah tertulis paket2 internetnya beserta biayanya, dan kamu tinggal memilih, nanti otomatis penjual akan membantu proses pemasangan kartu dan aktivasi.

provider hotlink di klia2

salah satu stan hotlink di klia2 tepatnya diarea sebelum masuk imigrasi, ketika tiba di KLIA2

TIPS : Karena banyaknya gate (ada sekitar 22 gates) di KLIA 2, Jangan lupa melihat pada layar monitor yang terpasang di beberapa titik di bandara untuk melihat di belt mana bagasi anda berada.

counter imigrasi di klia 2

counter imigrasi di klia 2, image courtesy klia2.info

Di bagian Imgirasi, nantinya kamu akan ketemu dengan dua jalur antrian, satu untuk foreigner passport dan satunya bagi pemegang asean passport. Kalau kamu dari Indonesia, pilih jalur asean passport yaaa.

Seandainya kamu butuh sesuatu, di KLIA 2 terdapat mall dan juga banyak sekali resto dan beberapa food court, Kamu mau pilih yang mana, itu terserah. Tapi, sekedar berbagi pengalaman, diantara foodcourt yang pernah kami coba kami lebih suka foodcourt yang ada di level 2M/ lantai 2 karena harga makanan dan minumannya lumayan murah. Buat kamu yang kebetulan di KLIA2 hanya untuk transit dan ingin berkeliling sebentar/one day trip anda bisa menitipkan bagasi/koper anda di bagian penitipan yang terletak di level 2 klia2 yang letaknya bersebelahan dengan jaya grocier.

foodcourt resto murah di klia 2 kuala lumpur

foodcourt murah di klia 2 kuala lumpur

Setelah menyelesaikan segala proses di imigrasi dan pengamblian bagasi/kopor (jika ada) kamu bisa langsung menuju pusat kota kuala lumpur.

Transportasi Menuju Kota Kuala Lumpur dari KLIA2

Karena letak bandara KLIA2 yang lumayan jauh dengan pusat kota kuala lumpur, ada beberapa transportasi yang bisa kamu pilih untuk menuju kota :

1. Mengunakan KLIA Express

Jika kamu mempunyai budget lebih, kamu bisa menggunakan KLIA express dengan membayar 55rm untuk dewasa, dengan pemberhentian di KL Sentral. Dengan KLIA Express waktu yang diperlukan hanya sekitar 30 menit.

2. Dengan KLIA Transit

Menggunakan Klia Transit, hampir sama dengan KLIA Express hanya nanti kamu harus turun di stasiun Berjaya dan sambung menggunakan Kereta lain yang menuju KL Sentral. Memang terkesan agak ribet dan waktu perjalanan pun akan menjadi lebih lama dengan Kereta ini karena kamu harus turun dan berganti kereta, namun dengan mode trasportasi ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 35rm. Jadi lebih hemat biaya.

kereta klia transit

kereta klia transit, pic: commons.wikimedia.org

3. GRAB / Taxi

Kamu juga bisa memesan grab atau taxi resmi melalu konter-konter yang telah disediakan di KLIA 2, Jika kamu pergi dalam jumlah lebih dari 4, menggunakan Taksi Online bisa lebih hemat karena biaya nanti tinggal dibagi rata dengan rombongan kamu.

4. Dengan menggunakan Bus Umum

Ini merupakan mode yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan. Selain murah dan juga lumayan nyaman, kamu hanya perlu membayar sebesar 12 Ringgit malaysia untuk dewasa dan 8 Ringgit Malaysia untuk anak.

Bus ini hanya melayani 1 rute  jika dari KLIA2,  yaitu KLIA 2 – KL Sentral dan sebaliknya. Waktu yang diperlukan untuk menuju KL Sentral sekitar 45 menit di jam-jam sepi, untuk Peak Hours bisa lebih dari 1 jam, jadi pastikan jadwal kamu tidak terlalu mepet jika ingin menggunakan bus.

skybus klia2

skybus klia2, pic:skybus.com.my

Tips : Jika ingin menggunakan bus dari klia2 ke kl sentral  atau sebaliknya sediakan waktu lebih agar tidak tertinggal pesawat.

Jika mode transportasi ini yang kamu pilih, dari kedatangan KLIA 2 kamu bisa berjalan lurus sampai ujung kemudian ambil eskalator turun kelantai 1, nanti disitu sudah terlihat dipintu luar beberapa bis yang siap berangkat, dan beberapa deretan loket untuk memesan tiket bus atau taksi.

loket tiket bus di klia2

loket tiket bus di klia2

tiket skybus klia2

tiket skybus klia2

Ada 2 bus yang beroperasi di KLIA 2 ini yaitu Aero BUS dan SkyBus, dengan loket pembelian sama.

Sebelum naik bus pastikan nama bus dan nomernya, karena biasanya ada banyak bus yang sudah standby di area ini. Jangan sungkan untuk bertanya informasi yang lebih detail kepada kru bus yang sudah ada disitu. Walapun di tiket terdapat nomer tempat duduk, biasanya jika bus dalam kondisi sepi, penumpang boleh memilih tempat duduk sesuai dengan keinginan.

Mencari Hotel Murah di Kuala Lumpur / KL Sentral

Jika kamu baru pertama kali ke Kuala Lumpur dan ingin menjelajahi wisata di Kuala Lumpur, Mencari hotel murah dekat Kl Sentral atau di Daerah Bukit Bintang bisa menjadi pilihan yang tepat. Secara lokasi, wilayah ini cukup strategis karena KL Sentral merupakan salah satu pusat stasiun terbesar di Kuala Lumpur dimana semua mode transportasi berkumpul di sini seperti Bus,KTM, dan juga LRT. Disamping itu KL Sentral juga terhubung langsung dengan NU Sentral Mall.

KL Sentral Kuala lumpur

KL Sentral Kuala lumpur,commons.wikimedia.org

Itu artinya, kamu bisa dengan mudah berganti-ganti transportasi, sedangkan kalau Bukit Bintang dekat dengan berbagai pusat perbelanjaan, mall dan food street jalan alor.

Bicara pilihan, hotel di KL Sentral lumayan banyak dengan harga yang cukup terjangkau. Sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa melihat berbagai ulasan hotel di daerah KL sentral di Tripadvisor atau google untuk memilih hotel mana yang sesuai dengan budget dan selera kamu. Selain itu, kamu bisa juga melihat di agoda maupun booking.com. Beberapa hotel yang banyak direkomendasikan oleh wisatawan Indonesia adalah Easy Hotel, My Hotel @kL sentral, Aloft Hotel, atau jika kamu ingin lebih berhemat , kamu bisa memilih hostel sebagai tempat untuk menginap.

Tempo hari, saya dan keluarga memilih Easy hotel, dan sejauh pengalaman saya menginap di sana, hotel ini recommended bagi yang baru pertama berkunjung ke Kuala Lumpur. Easy Hotel letaknya Strategis , Nyaman dengan Harga Terjangkau.

easyhotel kl

easyhotel, pic: easyhotel.com.my

Easy Hotel terletak di Jalan Tun Sambanthan Little India, kawasan yang bisa disebut sebagai kampung Indianya Kuala Lumpur. Kawasan ini cukup menarik karena sebagian besar jalan dihias dengan ornament-ornament khas India, dengan deretan toko-toko yang menjual berbagai macam barang seperti bunga, souvenir, pakaian, kain sari. Suasanapun makin semarak dengan alunan musik pop india yang diputar oleh hampir disetiap toko.

jalan TUn Sambathan

jalan Tun Sambathan, Pic : Google street

Selain nuansa kebudayaan India yang cukup kental, di sini kamu juga bisa sekaligus mengexplore beberapa tempat wisata, seperti National Monument of Malaysia, Sri Mahamariamman Temple, dan tentu saja little india brickfields. Selain itu, kamu juga bisa sekalian berwisata kuliner, karena di kawasan ini juga banyak terdapat resto khas Malaysia dan india yang enak dan murah, seperti Restoran Vishal Food, Catering yang menyajikan makanan diatas daun.

Di Tempo hari waktu menginap di Easy Hotel, kami mendapatkan kamar di lantai 4, tepatnya kamar 441 dengan pemandangan seberang jalan NU sentral Mall. Meskipun ukuran kamar tidak begitu luas, tapi lumayan lah untuk harga sewa sebesar 380.000/malam. Itu pun sudah termasuk 2 kupon breakfast sebesar 10 RM (opsional)  yang bisa ditukar dengan salah satu dari  3 paket menu yang ada di Bistro cafe abc yang menyajikan menu Malaysia diantaranya nasi lemak, roti, teh tarik, dan lain-lain. Jika ingin menambah semisal ayam goreng dll, nanti kamu tinggal membayar sisa kekurangannya saja.

paket-menu-sarapan-abc-distro

Paket menu sarapan yang saya pilih di ABC Bistro Easy Hotel, Nasi Lemak Telor +Teh Tarik.

eskalator sebelah easy hotel

Untuk review mengenai makanannya, nasi lemak standar seperti umumnya rasa nasi lemak di malaysia, untuk sambal dan Teh Tariknya Enak 😀 .

Sekedar saran, jika ingin menginap di hotel ini untuk beberapa hari, mending tidak usah mengambil paket breakfast. Toh kamu bisa sekaligus berwisata kuliner di Malaysia, karena di sekitar NU sentral banyak sekali food court dan restoran yang menjual berbagai makanan dengan hargaya yang lumayan terjangkau.

Point plus hotel ini adalah lokasinya STRATEGIS. Jika ingin naik MRT, KL Express atau bus, kita tinggal jalan ke kL sentral yang letaknya di lantai bawah di NU sentral. kemudian cari pentunjuk yang mengarah exit ke jalan Jalan Tun Sambanthan (Brickfields), kemudian turun melalui  eskalator atau lift, hotel ini terletak tepat disebelah eskalator dan lift. atau kamu bisa juga menanyakan ke petugas sekuriti yang berada di NU Sentral, Mereka pasti akan menunjukan arahnya. Di sebelah Easy Hotel ada seven eleven yg buka 24jam. Jadi kalau kamu butuh sesuatu yang sifatnya dadakan, aman. Di Kawasan ini juga terdapat beberapa kuil diantarana kuil Sri Mariamman yang merupakan kuil peribadatan umat Hindu.

Tips : ketika memesan kamar dihotel ini mungkin kamu bisa request minta kamar dengan city view seperti kami ketika memesan lewat online.

view dari kamar di easyhotel kl

View dari Jendela kamar tempat kami menginap.

Diseberang adalah penampakan dari NU Sentral Mall, Kamar yang kami tempati tepatnya sejajar dengan salah satu coffee shop di Mall tersebut.

Memilih Transportasi di Kuala Lumpur

Sebelum membahas obyek wisata seru yang wajib dikunjungi di kuala lumpur ada baiknya kita mengenal mode transportasi yang ada di KL.

Buat yang mau keliling KL, kamu bisa memilih bermacam moda transportasi. Ada yang gratis (Go KL) dan  ada yang berbayar.

transportasi-di-kuala-lumpur

Transportasi di kuala lumpur, Pic: Wikipedia,Flickr : andylawson,chagiajose

Light Rapid Transit (LRT) dan Go KL Bus

Transportasi di kuala lumpur sudah lumayan enak dengan adanya Kereta Listrik dan mono rail, serta beberapa bus yang beroperasi diantaranya Go KL yang gratis. beberapa obyek wisata dan landmark yang ada di kuala lumpur sangat mudah diakses dengan menggunakan Bus Go KL dan rapid KL, biasanya hanya berjarak beberapa ratus meter dari stasiun terdekat.

Rute-rute Go KL :

Peta Jalur Go KL

Peta Jalur Go KL

Secara garis besar 4 warna jalur dari  Bis Go Kl adalah :

Jalur Hijau

Jalur ini menghubungkan antara KLCC dengan Bukit Bintang,dengan beberapa pemberhentian diantaranya Mall Suria KLCC, Mall Pavilion KL, Mall Sungai Wang,dan Hotel Hyatt KL

Jalur Ungu

Jalur ini menghubungkan antara Bukit Bintang dan Chinatown PP (pulang-pergi),pemberhentian yang dilewati diantaranya adalah KL Tower,Terminal Bis Pudu,dan stasiun LRT Pasar Seni

Jalur Biru

Pemberhentian yang dilewat dari GoKL jalur biru diantaranya adalah Concorde Hotel KL,Starhill Gallery,KL Sogo,Campbell Complex,pada dasarnya jalur ini membawa penumpang dari Medan Mara Ke Bukit Bintang PP.

Jalur Merah

Jalur ini melewati pemberhentian sperti Chow Kit,Musium Negara,Tune Hotel, Dataran Merdeka,dan stasiun KTM, Jalur merah ini membawa penumpang dari Kota Kuala Lumpur menuju KL Sentral.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa mendowload peta jalur bis GOKL terbaru untuk mempelajarinya.

KL Hop On Hop Off.

Untuk tur 24 jam, harga online untuk turis mulai sekitar 160rb, Menjangkau tempat-tempat wisata utama di KL dan sebagian tidak dijangkau angkutan umum lain seperti museum negara, museum seni Islam, kl Bird, butterfly, deer, Orchid , menara KL, istana negara dll. Kelebihannya tak perlu ganti angkutan, tidak perlu berdesakan, dan ada penjelasan mengenai area sekitar perhentian (ada 23 titik).

Cara naik MRT/LRT/MONORAIL DAN KTM

Transportasi paling rekomended di KL selain Bus GO KL adalah menggunakan kereta api. Di sini, sistem perkereta apian terbagi menjadi 3 model kereta api, yaitu LRT atau light Rapid Transit yang dioperasikan oleh Rapid KL, Monorail,dan KTM.

Pada prinsipnya, ketiganya hampir sama, yang membedakan ketiganya adalah wilayah jangkauannya saja. LRT melayani hampir seluruh area di Kuala Lumpur, sedangkan Monorail hanya melayani rute Pusat kota kuala lumpur, KTM Komuter melayani rute dari pusat kota kuala lumpur ke daerah suburban/daerah pinggiran kota seperti batu caves.

peta jalur kereta apik ktm lrt mrt monorail kuala lumpur

Peta jalur kereta api ktm, lrt,mrt,monorail kuala lumpur 2017

Bagi kamu yang ingin menggunakan LRT sebagai transportasi utama selama di KL, saya sarankan membeli kartu rapid KL. Dengan kartu ini, kamu tak perlu lagi membeli tiket di setiap stasiun.

Saat itu saya membeli kartu perdana nya sekitar seharga 10RM dengan saldo yang sudah ada didalam kartu sebesar 5 RM, dan itu bisa digunakan berkali-kali, karena biasanya untuk sekali pergi ke antar stasiun hanya menghabiskan beberapa sen, atau paling banyak 2 RM.

kartu rapidkl

kartu rapidkl

Jika kamu berwisata dikuala lumpur selama beberapa hari, kamu bisa langsung melakukan top-up di mesin yang telah tersedia, minimum top pup kartu ini adalah 10rm,

Tempat pembelian kartu Rapid KL

Tempat pembelian kartu Rapid KL

Mesin Top up kartu Rapid KL

Mesin Top up kartu Rapid KL

Cara topup kartu rapid KL ini cukup mudah. Tempelkan saja kartu pada tempat yang tersedia pada mesin, kemudian pilih bahasa, anda bisa cek saldo atau langsung melakukan topup, pilih nominal topup, kemudian masukan uang kertas melalui slot yang telah tersedia dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Cara menggunakan : Tap atau tempelkan kartu di tempat yang tersedia ketika kamu akan masuk ke stasiun, tunggu sampe pintu terbuka, kemudian ambil kartu dan berjalanlah menuju platform kereta.

cara menggunakan kartu rapid kl mrt lrt ktm
Cara membaca peta/map Rapid KL

Contohnya jika kamu sekarang berada di stasiun kl sentral dan hendak menuju klcc (petronas), kamu berarti menuju platform/jalur kereta berwarna ungu/kelana jaya. cari petunjuk platform dengan tujuan gombak, nanti turunnya di stasiun klcc.

cara membaca peta jalur mrt klr rapid kl kuala lumpur malaysia

cara membaca peta jalur mrt klr rapid kl kuala lumpur malaysia

Demikian pula sebaliknya jika kamu ingin kembali ke KL Sentral, kamu naik kereta jalur ungu yang menuju stasiun putra height, nanti turunnya di stasiun KL Sentral

Contoh lain, semisal kamu sedang berada di stasiun KLCC (jalur pink) ingin ke stasiun merdeka (jalur hijau) maka kamu naiki kereta dari stasiun klcc yang menuju putra height yang kemudian turun di stasiun iterchange di pasar seni, untuk turun di stasiun merdeka anda harus pindah platform ke kereta hijau dengan tujuan Kajang.

cara membaca peta jalur mrt kl

FYI : Interchange / logo bulat-bulat dua di peta, menandakan bahwa di stasiun ini terdapat pertemuan beberapa jalur sekaligus.

Mudah bukan ?

Lain halnya dengan LRT, mono rail hanya melayani beberapa rute saja, terutama di pusat kota. Yaitu dari KL Sentral Ke Titiwangsa, dengan beberapa pemberhentian di dalam jalur tersebut, jikamingin melihat pemandangan pusat kota Kuala Lumpur, kamu bisa naik kereta ini, tapi hindari jam-jam sibuk, karena biasanya kereta sangat padat.

Sebagai contoh, kamu bisa naik kereta monorail jika anda ingin ke pasar seni/central market dari kl sentral.

Update : Gojek kemungkinan sekarang sudah beroperasi di Malaysia.

Obyek Wisata Di Kuala Lumpur

Ada beberapa tempat yang biasa dikunjungi para wisawatan, terutama bagi yang baru pertama kali ke kuala lumpur yaitu: Menara Twin Tower Petronas, Menara KL, KLCC suria, Water Fontain, Aquaria, dan Petrosains. Sementara untuk wisata belanja dan oleholeh bisa di Central Market/pasar seni, Kasturi Walk, Petaling Street, Bukit bintang, Jalan Alor (kuliner), Dataran Merdeka, dan Masjid Jamek.

Untuk yang letaknya agak jauh dari pusat kota kuala lumpur adalah : batu caves, genting island, dan colmar tropicale.

1. Petronas, Water fountain, KLCC Suria Mall, Aquaria, Petrosains

Saya kelompokan karena obyek wisata ini tempatnya saling berdekatan/masih satu komplek, Kalau baru pertama kali menginjakan kaki ke KL rasanya belum sah kalau belum mengunjungi Twin tower nya Petronas.

suria klcc

suria klcc

klcc park KL

Klcc Park

Cara untuk menuju ke komplek twin tower adalah jika kamu sedang berada di KL Sentral yang paling mudah adalah dengan naik LRT Kelana JAYA, dengan tujuan kereta ke arah gombak nanti turun di stasiun KLCC.

Stasiun KLCC letaknya dilantai underground mall suria, untuk menuju Twin Tower kamu bisa naik kelantai atas Mall Suria dengan mengikuti petunjuk arah yang berada di dalam mall.
Untuk kamu yang ingin melihat kota kuala lumpur dari ketinggian, kamu bisa naik ke skybridge yang terletak dilantai 41-41 twin tower petronas.

Skybridge Petronas,Wikipedia

Skybridge Petronas,Wikipedia

Untuk menuju kesini pengunjung diharuskan membeli tiket terlebih dahulu di tiket counter yang terletak di Lower Ground / Concourse Level di PETRONAS Twin Towers, dengan harga tiket RM 80 dan RM 30 untuk anak-anak.

Tiap harinya penjualan tiket dibatasi. Tiket counter buka pada pukul 8.30 pagi, buka dari Selasa-Minggu, sedangkan hari Senin libur. Jadwal kunjungan mulai jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Pada weekend biasanya terjadi antrian yang cukup panjang dan hanya beberapa jam tiket biasanya sudah terjual habis.

Kalau tak mau ambil resiko kehabisan tiket, kamu bisa membooking tiket ini beberapa hari sebelumnya melalui website resminya di https://eticket.petronastwintowers.com.my.

Ada batasan jumlah maksimal untuk masuk ke Skybridge, yakni 20 orang/jam. Itu karena beban maksimal lift hanya 20 orang, dengan kecepatan 40 detik untuk mencapai lantai 41. Jadi, siap-siap saja kalau kamu mesti menunggu giliran, dan manfaatkan saja fasilitas yang ada di ruang tunggu seperi panel informasi, teater, video pembangunan menara, dan loker penyimpanan barang. Meski pemndangan cantik di depan mata, tapi di sini kamu tak bisa berlama-lama karena waktu berkunjung dibatasi 15-20 menit saja.

Selain di Skybride, kamu bisa naik menuju lantai 86 dimana terdapat juga observation deck. Di sini pemandangan kota Malaysia terlihat lebih indah.

2. KLCC Lake Symphony Water Fountain Show

Sesuai namanya, daya tarik utama wisata ini adalah air mancur yang berada di taman Suria mall KLCC, KLLC Lake sympohy water fountain adalah pertunjukan air mancur yang berada di taman KLCC Suria Mall. Air mancur ini pada jam-jam tertentu akan menari-nari menurut musik dan diiringi lampu yang indah.

menunggu pertunjukan water fountains di klcc

Menunggu pertunjukan water fountains di klcc

Waktu terbaik untuk menonton adalah sekitar pukul 8 malam (di KL jam 7 malam suasannya seperti jam 5 sore di indonesia, tepat ketika hari menjelang malam. Pastikan kamu datang sebelum pukul 8, agar menemukan spot tempat duduk yang nyaman, karena jika pas waktu weekend tempat ini sangat ramai. Durasi pertunjukan air mancur menari, berlangsung 5 menit.

pertunjukan water fountains di klcc suria

pertunjukan water fountains di klcc suria

pertunjukan water fountains di klcc suria 2

Pertunjukan water fountains di klcc suria 2

3. Aquaria

Aquria KLCC, seperti halnya SeaWorldnya Ancol. Disini pengunjung bisa melihat beraneka macam biota laut dengan segala aktivitasnya. Jadi salah satu tujuan wisata dan liburan di Kuala lumpur ini sangat cocok untuk wisata keluarga, terutama yang membawa anak kecil.

Tempat ini buka mulai pkl 10 pagi. Jika kamu ingin langsung ke tempat ini, dari stasiun KLCC masuklah ke dalam mall Suria KLCC. Naiklah 1 lantai ke atas, berjalan ke tengah mall ini sampai kamu melihat pusat informasi yang biasa terdapat di mall-mall.

Jika sudah menemukan, kamu tinggal belok kiri dan carilah semacam lorong panjang bawah tanah (kalau tidak salah letaknya disebelah burger king) ikuti saja lorong ini, sampai ujung nanti kamu akan menemukan foodcourt. Nah, di seberang foodcourt tersebut sudah tertulis AQUARIA.

Lorong di Mall Klcc menuju Aquaria

Lorong di Mall Klcc menuju Aquaria

Harga masuk tiket aquaria Klcc adalah sekitar 60RM untuk dewasa dan sekitar 50RM untuk anak-anak. Untuk update harga tiket dan Informasi lengkapnya, bisa mengunjungi situs resminya http://aquariaklcc.com

aquaria klcc

Aquaria klcc

Mau belanja oleh-oleh di aquaria? Di akhir dari aquaria terdapat gift shop, dengan macam-macam barang, tapi  untuk harga lumayan mahal, disini kami hanya membeli tempelan kulkas seperti ini 😀

souvenir-oleh-oleh-aquria-klcc

Souveni Aquria KLCC

Kuliner enak di sekitar Suria KLCC

Jika kamu mencari kuliner enak dan halal di kuala lumpur, kamu bisa datang ke KLCC, Selain berbagai macam restoran yang bertebaran di Suria KLCC, disini juga terdapat 2 foodcourt yang berada dilantai 2 dan 4 yang patut anda kunjungi.

Pertama, food court Signature yang berada di lantai 2. Di sini tersedia berbagai makanan khas Malaysia seperti nasi lemak, masakan india nasi kandar, chineese food, dan juga fast food semacam Mc donald. Kedua, Food court Rasa yang berada di lantai 4.

restoran little penang cafe.jpg

Restoran little penang

Di food court lantai 4, terdapat restoran dengan menu unggulan nasi lemak, dan itu cukup populer yaitu Little Penang Cafe. Food court di lantai 4, lebih banyak menyajikan menu masakan Asia dengan harga yang lebih terjangkau. Kalau kamu memang mau melakukan traveling hemat, food court di lantai 4 menurut saya lebih aman untuk dompet, dsini kami memesan Nasi Lemak Ayam dan Kwetiaw SeaFood, dengan harga sekitar 15RM, untuk rasa menurut kami cukup enak.

4. Petrosains KLCC

Selesai berkuliner ria, kamu bisa melanjutkan wisata berikutnya yaitu petrosains yang terletak di lantai 4. Sepintas, Petrosains ini mirip seperti Taman Pintar di jogja atau Kura-Kura Ocean Parknya Jepara. Bedanya, kalau yang di Petrosains ini alat peraganya lebih lengkap dan lebih komplit.

Petrosains KLCC merupakan pusat pembelajaran dan permainan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sini pengunjung bisa belajar banyak hal, terutama yang berbau sains dan teknologi, misalnya mengenai eksplorasi minyak di malaysia, pengetahuan luar angkasa sampai pembelajaran didalam perut bumi.

Petrosains dibagi menjadi 11 ruang interaktif utama, yang bisa kita kunjungi secara berururatan, didalam petrosains jg terdapat cafe, dan diakhiri dengan toko souvenir.

Berapa area Pembelajaran dan Permainan di Petrosains KL

Beberapa area Pembelajaran dan Permainan di Petrosains KL

Perjalanan pertama masuk petrosains adalah melalui darkride. Di sini, kamu akan diarahkan untuk menaiki kereta mini yang berbentuk seperti tetesan minyak, dan sepanjang perjalanan akan ditampilkan display sejarah Malaysia dan perkembangannya terutama dibidang sains dan teknologi.

Setelah itu, kamu akan ketemu dengan berbagai macam simulasi sains dan teknologi dari mulai teknologi luar angkasa sampai dengan eksplorasi pengeboran. Di Petrosains pula, kamu bisa mencoba bermain dan belajar mengendalikan pesawat antariksa, mencoba serunya simulasi balap formula f1, mengendarai escavator mini, mencoba simulator rumah tahan gempa, bahkan melakukan simulasi pengeboran dan penambangan minyak bumi. Itu alasan, kenapa cocok sekali jika Petrosains ini dijadikan tempat berlibur bersama anak.

Untuk tiket, ada beberapa kategori dan harganya berbeda untuk wisatawan lokal maupun manca, dewasa maupun anak-anak. Anak-anak di bawah 2 tahun, belum dikenai biaya tiket masuk, tapi entah mengapa ketika kami berkunjung kesana tepatnya hari jumat untuk tiket dewasa dikenakan 30 ringgit perorang dan untuk anak saya yg berumur 7 tahun gratis.

Tiket masuk petrosains

Tiket masuk petrosains

 5. Belanja di Central Market, Kasturi Walk, Petaling Street

Jika kamu gemar berburu souvenir dan oleh-oleh, maka kamu tidak boleh melewati tempat ini. Central Market, Kasturi Walk, dan Petaling Street berada saling berdekatan, tepatnya hanya di satu pemberhentian KL.

Central Market / Pasar Seni

Untuk menuju ke Pasar Seni, kamu cukup naik dengan bus go KL atau menggunakan LRT/MRT.

Pasar Seni sendiri, merupakan sebuah bangunan yang di dalamnya menjual berbagai macam souvenir, dan juga oleh-oleh khas Malaysia. Ukuran bangunan Pasar Seni lumayan luas dan terdiri dari 2 lantai, dilantai atas selain terdapat berrbagai macam kios yang menjual berbagai macam souvenir, kaos, juga terdapat food court, tempatnya bersih dan ber AC

Sepanjang pengamatan yang saya lakukan, kios yang sering diburu wisatawan di central market ini adalah kios-kios yang menjual coklat seperti coklat beryl.

central market - pasar seni - coklat beryl - sovenir di KL

Central market/Pasar seni – Coklat beryl

Kasturi Walk

Merupakan jalan yang kira-kira sepanjang 100meteran, terdapat berbagai macam penjual souvenir, oleh-oleh seperti jam tangan kw, tas, t-shirt dan berbagai macam kios yang menjual makanan ringan. Tempat ini berkonsep seperti open market, dengan landmark yang menyerupai bentuk layang-layang di bagian depan. Bagi kamu yang suka selfie, jangan lupa berfoto didepan lambang ini ya..:D.

Kasturi walk kuala lumpur

Kasturi walk kuala lumpur

Jika ingin makan atau berburu kuliner halal di kuala lumpur, disini terdapat restoran halal yang cukup terkenal yaitu Restoran Yusoof Dan Zakhir yang menjual berbagai macam makanan perpaduan Malaysia dan India seperti nasi lemak, makanan India seperti prata, chicken tandori dan lain-lain.

Gampangnya restoran ini seperti warung nasi rames, dimana kamu dapat memesan makanan ala warteg, dengan menunjuk lauk yang ingin dipilih, atau tinggal duduk saja dan memilih makanan yang ada di menu. Oya beberapa menu disini bumbunya terasa sangat kuat terutama yang berbahan dasar kari, Dari segi harga, menu makanan yang ada di resto ini standard.

daftar menu Yusoof dan Zakhir resto

Yusoof dan Zakhir halal resto, Kasturi walk

Dari segi Lokasi, Kasturi Walk dan Central Market/Pasar Seni letaknya saling bersebelahan, berjarak hanya sekitar 300 meter dari stasiun Pasar Seni.

Petaling Street

Merupakan pusat oleh-oleh/souvenir hampir mirip dengan Central Market, jaraknya kira-kira sekitar 300 meter dari pasar seni. Bedanya, di Petaling Street pedagang berjualan disepanjang pinggir jalan. Di sini, kamu harus pintar-pintar menawar jika ingin membeli souvenir dengan harga murah.

Disini juga terdapat berbagai penjual makanan dan minuman ringan, yang terkenal diantaranya adalah air mata kucing, yaitu minuman berwarna agak hitam yang terbuat dari campuran gula, air, lo han kuo dan buah kundur, didalam minuman ini juga terdapat kelengkeng. Segar sekali rasanya menikmati air mata kucing, apalagi setelah kita seharian berjalan-jalan di Petaling Street

Belanja souvenir di petaling street kuala lumpur

Belanja souvenir di petaling street kuala lumpur

6. Bukit Bintang dan Jalan Alor

Bukit bintang bisa dibilang seperti Orchadnya singapura. Di bukit Bintang, terdapat banyak mall dan jika kamu memang suka berbelanja mungkin bisa mengunjungi tempat ini untuk memborong / mencari yang spesial di Bukit Bintang. Jarak kl sentral ke bukit bintang termasuk dekat, cara untuk menuju kesini kamu cukup naik monorail tujuan Bukit Bintang,kemudian berjalan kaki keluar dari stasiun.

bukit bintang

bukit bintang, pic : .flickr.com/photos/xshamx

Kawasan Bukit Bintang memiliki mall-mal yang cukup terkenal untuk berbelanja yaitu Low Yat Plaza, Fahrenheit 88 dan Lot 10, Sungai Wang Plaza, dan yang terbaru adalah Mall Pavillon yang termasuk salah satu mall termegah di Malaysia, dan kawasan ini termasuk dalam wisata bukit bintang malaysia.

Rasanya sehari tidak akan cukup mengelilingi kawasan dengan berbagai pusat perbelanjaan yang letaknya berdekatan ini. Yang paling diminati, Pavilion Mall, Starhill Gallery, dan Lot 10 Shopping Mall.

Tergolong baru dan modern, Pavilion membawa merek ternama seperti Prada, Marc Jacobs, Bvlgari, Burberry, Vercase, dan masih banyak lainnya sebagai pemikat hati. Jika kamu ingin berburu gadget dan sejenisnya, kamu bisa mampir mengunjungi Low Yat Plaza.

Ingin berburu fashion dengan harga miring? Ada kok. Kamu bisa mencoba mengunjungi mall Lot 10, dan yang terakhir paviloon mall yang didalamnya terdapat berbagai merek fashion terkenal dunia, seperti Prada, Louis Vuitton, Bulgari, Coach, dan Burberry, banyak juga outlet-outlet yang menjual merek-merek lokal dengan harga terjangkau.

Di kawasan ini juga terdapat mall yang sangat besar yaitu Berjaya Times Square, yang didalamnya juga terdapat mini theme park, dilengkapi dengan sekitar 14 wahana termasuk mini roller coaster, area panahan dan bowling. Menariknya, mall ini juga terkoneksi dengan stasiun monorail imbi

Jika kamu pencinta mainan action figure, seperti Gundam, Kamen Raider, dll, kamu bisa mampir di Sungei Wang Plaza, tepatnya dilantai atas. Di sini saya melihat banyak sekali kios yang menjual mainan ala Jepang-jepangan ini.

Berjalan sekitar kurang dari 500 meter dari stasiun Bukit Bintang, kamu bisa mengunjungi Jalan Alor, yang merupakan street foodnya Kuala Lumpur.

jalan alor

Jalan alor, pic : flickr.com/photos/iqremix/

Jalan Alor merupakan salah satu daya tarik utama dari Bukit Bintang. Dibuka sore sampai dengan malam hari, di sepanjang jalan ini dijual berbagai macam makanan mulai makanan khas Malaysia, Thailand, dan juga chinese food. Sayangnya pilihan makanan halal di jalan alor bisa dibilang terbatas karena didominasi makanan Chinese, Kabar baiknya lagi, kalau kamu penyuka durian jenis Musang King, buah ini bisa kamu beli di Jalan Alor ini. Namun harganya agak lebih mahal.

Namun di dekat jalan Alor (sekitar 300meteran) ada salah satu resto Halal yang cukup terkenal yaitu Nasi Ayam Hainan Chee Meng , yaitu dijalan Bukit Bintang. Di sini kamu bisa mencoba makan nasi ayam hainan dengan harga sekitar 15RM.

nasi ayam hainan chee meng

Nasi ayam hainan chee meng, Pic: Google.com

menu nasi ayam hainan chee meng

Nasi ayam hainan chee meng

Tips: Bukit bintang dan jalan ALor cocok dikunjungi pada malam hari, karena banyak hiasan lampu-lampu yang berwarna warni.

7. Colmar Tropicale

Colmar Tropicale, merupakan nama hotel yang lokasinya terletak di resort Berjaya Hill. Yang menarik dari tempat ini adalah bangunannya yang mengusung konsep perkampungan perancis/french village yang terletak di Colmar perancis.

Colmar Tropicale merupakan bangunan-bangunan hotel itu sendiri. walaupun berupa hotel dan resort, pengunjung luar yang tidak menginap disini tetap diperbolehkan untuk mengunjungi tempat ini guna sekedar berwisata dan berfoto ria.

colmar tropicale, pic:flickr – elvizlow

colmar tropicale

Colmar Tropicale, Pic : Flickr – chleong

Tempat ini sangat instagramable. Selain berfoto ria dan menikmati arsitektur bangunan, di Colmar Tropicale juga terdapat beberapa cafe dan tempat makan yang cocok buat nongkrong, walaupun harganya lumayan mahal dibanding dengan tempat nongkrong kebanyakan di Kuala Lumpur. Selain cafe, disini juga terdapat tempat belanja souvenir dan beberapa spot permainan. selain itu di komplek colmar tropicale juga ada beberapa obyek wisata lain seperti Japanese Village.

Lokasi Colmar Tropicale lumayan jauh kalau dari pusat kota Kuala Lumpur, atau sekitar 1 jam perjalanan. Transportasi termurah untuk menuju kesini adalah menggunakan shuttle bus yang sudah disiapkan oleh Colmar itu sendiri. shuttule bus ini sendiri hanya berisi maksimal 10 penumpang, Dengan membayar sekitar 60RM untuk dewasa dan anak sekitar 55RM, kamu sudah mendapatkan tiket pulang pergi dari kota ke Colmar Tropicale dan sudah termasuk tiket masuk colmar tropicale.

Shuttle bus untuk ke Colma Tropicale terletak di berjaya times square. Karena ramainya pengunjung, jika weekend ada baiknya kamu memesan beberapa hari sebelum keberangakatan. Atau jika kamu ingin menginap disini cukup mengeluarkan uang sekitar 800rb untuk mendapatkan kamar.

 7. Wisata Batu Caves

Terletak di daerah pinggiran KL tepatnya di distrik Gombak, Batu Caves merupakan tempat suci umat Hindu, tempatnya berupa Bukit Kapur yang terdapat Gua-gua dan Kuil.

Cara ke batu caves dari kl sentral cukup menggunakan Kereta KTM Komuter yang menuju Batu Caves, jika dari KL sentral kita cukup mengeluarkan uang sekitar 2 ringgit, kemudian turun di pemberhentian terakhir yaitu stasiun Batu Caves, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju pintu exit stasiun yang terhubung secara langsung dengan komplek wisata Batu Caves.

batucaves

batucaves, pic :wikipedia-Redtigerxyz

suasana dalam batucaves

Dalam batucaves, Pic : wikipedia-Patrice78500

Beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi antara lain beberapa Gua, yaitu gua Katedral atau Gua Kuil, Gua Seni, Gua Ramayana. Oya untuk mengunjungi Gua ini kamu harus mendaki sekitar 272 anak tangga yang curam.

Di Komplek Batu Caves juga terdapat banyak patung Dewa, salah satu yang popular untuk berfoto ria adalah patung Dewa Murugan yang tingginya 42,7 Meter.

8. Genting Highlands

Genting Higlands merupakan salah satu destinasi wajib bagi kamu yang baru pertama kali berwisata  ala backpacker ke malaysia terutama ke Kuala Lumpur. Tempat ini merupakan Puncak dari pegunungan Titiwangsa, disini terdapat Resort World Genting.

Di resort ini terdapat berbagai macam spot wisata yang bisa kamu nikmati, diantaranya ada Theme Park Indoor dan OutDoor, dengan berbagai macam wahana permainan, Pusat Perbelanjaan/Mall, Sky Diving Simulator, casino, Kuil Chin Swee dan masih banyak lagi. bagi kamu yang ingin menginap di Genting Highlads, disini juga terdapat beberapa hotel.yang terbesar salah satunya adalah Resort World Genting itu sendiri.

genting highlands

Genting Highlands, pic: kuala-lumpur.ws

Untuk berwisata di sekitar genting highland kamu bisa memesan tiket ini di beberapa tempat seperti di KL sentral, dan jika kamu ingin berkunjung pada weekend atau high season sebaiknya memesan tiket bus dan kereta gantung (jika ingin menaiki) beberapa hari sebelumnya.

Genting terletak agak jauh dari pusat kota, konsekuensinya kita mesti naik ke atas bukit dengan jalan yang lumayan berkelok-kelok selama hampir 1 jam. Bagi kamu yang gampang mabuk, jangan lupa sediakan obat anti mabuk.

Ada beberapa cara untuk mencapai ke Genting grab, Taxi ato Bus salah satu transportasi yang paling banyak digunakan jika ingin menuju genting. ada beberapa titik keberangkatan untuk menuju Genting Highlands jika memakai bus GO Genting, ada beberapa titik pemberangkatan diantaranya adalah Ex Gombak, One Utama, Pudu Sentral dan KL Sentral.

Kalau dari KL Sentral turun ke lantai dasar carilah tanda yang menuju ke pemberhentian bus, tiket bisa dibeli langsung di lokasi. Untuk harga tiket sekitar 10rm. Yang perlu diperhatikan jika akan menggunakan bus Go Genting siapkan waktu yang Panjang, karena ketika akan pulang dari Genting antriannya biasanya sangat Panjang t erutama di weekend, kamu bisa membeli tiketnya secara online.

Jika ingin menaiki Kereta gantung ke Genting, ketika naik bus Kamu bisa turun di terminal bus Awana, oya untuk tiket Kereta gantung/cable car tiket bisa di beli sekalian di KL Sentral. Dan sebaiknya membeli juga tiket kepulangan dari awana menuju kota, sebelum menaiki kereta gantung / cable car, untuk menghindari kehabisan tiket diwaktu kepulangan dari genting.

a kuil Chin Swee

kuil Chin Swee

Dari terminal bus awana, kamu bisa naik menuju lantai paling atas dari terminal untuk menaiki Awana Skyway/kereta gantung. Awana skyway ini akan melewati beberapa stasiun sebelum berhenti di pemberhentian terakhir yaitu stasiun SkyAvenue. Kamu bebas untuk turun distasiun mana aja dan kemudian naik lagi tanpa dikenakan biaya,asal tiket masih disimpan. Jika kamu ingin mengunjungi obyek wisata kuil Chin Swee,kamu bisa turun distasiun Chin Swee Temple.
Itulah Tips Liburan ala Backpacker ke Malaysia terutama Kuala Lumpur dan 8 pilihan obyek wisata dikuala lumpur khusus bagi kamu yang baru pertama kali liburan ke KL malaysia
Kamu bisa pilih tempat-tempat mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu, jika kamu ingin mengunjungi ke semua 8 tempat tersebut sediakan minimal waktu selama 4-5 hari agar kamu bisa menikmati tempat – tempat tersebut tanpa terburu – buru.

Comments are closed.